Hiduplah seperti pohon yang tumbuh subur~

Rabu, Juni 03, 2009

Komunikasi Ala Serangga Daun

Ekolog Belanda, Roxina Soler, dan timnya dari Netherlands Institute for Ecology di Maarssen menemukan kemampuan ini hanya dimiliki oleh serangga herbivora. Baik serangga herbivora yang hidup di bawah tanah maupun di atas permukaan dapat berkomunikasi satu sama lain dengan menggunakan daun tanaman.
Serangga bawah tanah diketahui mengirimkan sinyal peringatan lewat daun pohon kepada serangga di atas permukaan untuk memberi tahu bahwa tanaman itu "sudah ada yang punya". Serangga pemakan daun memang lebih suka tanaman yang belum dikuasai oleh serangga bawah tanah pemangsa akar.
Para peneliti menemukan serangga akar mengirimkan sinyal kimiawi lewat daun tanaman, yang mengingatkan serangga daun akan kehadiran "saudaranya". "Pesan singkat" ini akan segera diketahui serangga permukaan manakala mereka hinggap di suatu daun. Dengan demikian, serangga yang berbeda ruang ini bisa menghindari satu sama lain sehingga tidak berebut pohon yang sama.
Hasil penelitian menunjukkan, serangga bawah tanah dan atas yang memangsa tanaman yang sama akan tumbuh secara lambat karena tanaman disedot oleh kedua belah pihak, yang membuat kualitas tanaman menjadi buruk.
Lewat "telepon" yang sama, serangga bawah tanah juga bisa berkomunikasi dengan pihak ketiga, ngengat parasit. Ngengat parasit adalah musuh alami ulat karena mereka menetaskan telur di tubuh ulat. Bila serangga daun tetap ngotot memakan tanaman yang sama, walaupun sudah diperingatkan oleh serangga akar, serangga bawah tanah akan mengeluarkan sinyal pada daun, yang mengundang ngengat parasit. Sinyal itu memberi tahu ngengat bahwa ada ulat di satu daun yang akan menjadi "tuan rumah" yang baik bagi telur-telur mereka.

2 komentar:

Lestari ,
Diharapkan Kepada Para pengunjung Untuk dapat berkomentar demi kemajuan Blog Ini, silahkan tinggalkan nama anda serta url, dan mohon untuk tidak anonim.
Terima Kasih ...

About me

BIOTA SUMUT

About