Hiduplah seperti pohon yang tumbuh subur~

Rabu, Juli 04, 2012

Bayi Badak Andatu, Setelah 124 Tahun


Bayi badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis) bernama Andatu telah lahir pada Sabtu (23/6/2012) pukul 00.45. Andatu merupakan hasil perkawinan badak jantan dari Kebun Binatang Cincinnati Andalas dan badak betina Ratu dari Taman Nasional Way Kambas.

ANDATU

Kelahiran Andatu sangat dinanti banyak pihak. Bayangkan, sejak penangkaran badak pertama kali, 124 tahun silam di India. Tak heran, begitu Ratu hamil lagi (dua kehamilan sebelumnya keguguran), tim dokter dari Indonesia, Australia, AS, dan Badan Konservasi Dunia (IUCN) mencurahkan perhatian khusus.

Pasca kelahiran Andatu, para keeper terus berjaga melindungi Andatu dan ibunya, Ratu. Pasalnya, di sekitar habitat badak Sumatera di Way Kambas, terdapat juga ular, harimau, dan hewan lain yang mungkin memangsa.

RATU, IBU DARI ANDATU
Andatu Sedang Berkeliaran di Penangkaran

Nama Andatu singkatan dari anugerah datang dari Tuhan. Bisa juga singkatan dari Andalas dan Ratu, kedua orang tuanya. Andatu merupakan kombinasi nama antara Andalas, badak jantan Sumatera kelahiran Cincinnati, Amerika dan Ratu, badak betina asli hutan Way Kambas, Lampung. Andatu sudah mulai menyusu dengan lancar.Kelahiran ini sekaligus menambah populasi badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis) yang jumlahnya kini diperkirakan kurang dari 200 ekor di Indonesia dan Malaysia. Jumlah mereka terus menurun hingga 50 persen selama 20 tahun terakhir, terutama disebabkan perburuan liar dan perambahan hutan yang menjadi tempat hidup badak.
Kelahiran badak ini juga menjadi tonggak keberhasilan pelestarian badak sumatera sekaligus membangun kepercayaan masyarakat terhadap upaya konservasi badak di Tanah Air kita. 

Andatu kini dalam kondisi sehat dan diharapkan bisa dilihat kalangan lebih luas sekitar 2 minggu lagi, walau tak secara masif. Sementara itu, Andalas rencananya akan dikawinkan lagi dengan badak sumatera betina lain bernama Rosa dari Bukit Barisan Selatan, dan Bina dari Way Kambas.


1 komentar:

  1. Badak andalas seperti apa y? andalas dan ratu satu spesies?

    *lestari Indonesia ku lestari alamku"

    BalasHapus

Lestari ,
Diharapkan Kepada Para pengunjung Untuk dapat berkomentar demi kemajuan Blog Ini, silahkan tinggalkan nama anda serta url, dan mohon untuk tidak anonim.
Terima Kasih ...

About me

BIOTA SUMUT

About