Hiduplah seperti pohon yang tumbuh subur~

Senin, Juni 16, 2014

Forum Ilmiah Konservasi (FORIKA) BIOTA Unimed


Untuk memperingati hari lingkungan hidup pada tanggal 5 juni lalu sekaligus dalam memperingati hari jadi BIOTA yang ke 14, tanggal 7 Juni 2014 BIOTA unimed mengadakan Forum Ilmiah Konservasi (FORIKA) berjudul " Konservasi; Sejak Dini Untuk Nanti". Tema yang diangkat adalah Pendidikan Konservasi Sejak Dini untuk Masa Depan yang Lebih Menjanjikan.
Merujuk ke tema Peringatan Hari Lingkungan Hidup Indonesia Tahun 2014 ini yaitu “Satukan Langkah, Lindungi Ekosistem Pesisir dari Dampak Perubahan Iklim” yang mengandung maksud akan pentingnya perlindungan ekosistem pesisir dan dampak perubahan iklim dalam rangka ketahanan lingkungan, salah satu narasumber yang diundang sebagai pembicara oleh BIOTA Unimed yaitu seorang aktivis mangrove, yakni Bapak Mhd. Said (Forum Komunikasi Kader Konservasi Indonesia Sumatera Utara). Beliau memaparkan tentang kondisi ekosistem Mangrove yang kini kerusakannya sungguh miris jika mengingat bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan dan memiliki kawasan mangrove yang cukup luas.
Selain konservasi tentang kawasan Mangrove, ada dua pembicara lagi yang tak kalah serunya, yaitu Bpk. Drs. Andi Basrul (Kepala Balai Besar TNGL) yang berbicara mengenai keanekaragaman flora dan fauna yang terdapat di Tanaman Nasional Gunung Leuser (TNGL) serta permasalahn-permasalahan yang sedang dihadapi di kawasan TNGL. Dan yang terakhir, Bioters juga mengundang Bpk. Dr. Rahmad Shah. Seseorang konsivator hewan sekaligus Ketua Kebun Binatang seIndonesia.
Secara keseluruhan, ketiga pembicara memberikan gambaran secara umum bagaimana alam serta flora dan fauna yang terdapat didalamnya berada dalam kondisi yang cukup memprihatinkan. Eksploitasi, penebangan liar, perburuan liar dan lain sebagainya untuk mencapai kepuasan yang tak pernah mencapai ujungnya. Keserakahan orang orang yang tidak bertanggung jawab menghantarkan kita semua secara perlahan untuk saling membunuh kedepannya jika terus dibiarkan.
Bioters berharap, dengan diadakannya Forum Ilmiah ini, mampu meningkatkan pemahaman dan pengetahuan  masyarakat tentang konservasi, meningkatkan pengetahuan tentang lingkungan dan kesadaran tentang etika lingkungan, dan meminimalisir terjadinya eksploitasi keanekaragaman hayati Indonesia serta memberikan dorongan atau  motivasi terhadap masyarakat untuk membudidayakan dan  memanfaatkan keanekaragaman hayati Nusantara sehingga dapat menunjang terciptanya masyarakat yang sejahtera dari segi ekonomi.

“Alam adalah rumah kita. Bentangan permadani hijau alas kita melangkah menyisiri kehidupan. Udara bersih yang kita hirup untuk bertahan. Deru sungai yang airnya kita minum untuk menghilangkan dahaga. Irama ilalang yang tertiup angin menjadikan lagu penawar lelah dan kejenuhan. Pantai dan terumbu karang tempat anak anak bermain dan meletakkan harapan akan masa depan yang lebih menjanjikan...”
“Tuhan.. bantu kami menjaga Ibu Pertiwi sebagai wujud bakti akan segala yang telah Ia berikan pada kami. KEHIDUPAN...”
“Tuhan.. bantu kami menjaga Ibu Pertiwi, sampai nanti, sampai kami kembali dalam pelukannya..”



Salam Konservasi..
Lestari...!!!!

0 comments:

Posting Komentar

Lestari ,
Diharapkan Kepada Para pengunjung Untuk dapat berkomentar demi kemajuan Blog Ini, silahkan tinggalkan nama anda serta url, dan mohon untuk tidak anonim.
Terima Kasih ...

About me

BIOTA SUMUT

About