Hiduplah seperti pohon yang tumbuh subur~

Rabu, Mei 01, 2019

Bunga Bangkai di Kampus Hijau UNIMED

Suweg atau bunga bangkai merupakan kelompok tumbuhan Amorphophallus  dari famili Araceae (talas-talasan). Nama Amorphophallus sendiri berasal dari bahasa Yunani kuno, yakni "Amorphos"  yang berarti cacat, tanpa bentuk dan "Phallos" yang artinya penis. Jenis yang paling terkenal dari Amorphopallus  adalah Titan Arum atau Suweg Raksasa (Amorphophallus titanum) dan Sumatera Giant (Amorphophallus gigas). Sebagian besar spesies bunga bangkai merupakan spesies endemik yang tumbuh di dataran rendah  beriklim tropis maupun subtropis, mulai dari kawasan Afrika hingga Kepulauan Pasifik termasuk Indonesia. Terdapat sekitar 170 spesies bunga bangkai di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, selain 2 yang tuliskan di atas, dikenal juga Amorphophallus decussilvae (bunga bangkai jangkung), Amorphophallus beccari, Amorphophallus campanulatus, amorphophallus paeoniifolius dan  Amorphophallus oncophyllus (iles-iles, porang).

Baru-baru ini, salah satu spesies Amorphophallus mekar di kawasan kampus hijau UNIMED, tepatnya di halaman sekretariat BIOTA lama di samping rumah kaca. Ditanam pada tahun 2011 oleh abangda Yusron E. Ritonga (Taenia saginata) angkatan 06 BIOTA, namun baru di tahun ini berbunga.  Bibitnya sendiri dibawa oleh, kakanda Nani Yusnita Pendidikan Biologi B 2009 dari  Langkat, Sumatera Utara. Mekarnya Amorphophallus paeoniifolius ini memiliki daya tarik tersendiri dikalangan mahasiswa yang lalu lalang dan penasaran. Untuk mencegah tangan-tangan jahil, BIOTERS berinisiatif memberi batas aman para pengunjung dilengkapi dengan spanduk berisikan keterangan singkat tanaman tersebut.

Spanduk deskripsi singkat tentang Amorphophallus paeoniifolius

Seperti Amorphophallus lainya, Amorphophallus paeoniifolius merupakan anggota Araceae berbatang semu, berdaun tunggal yang terpecah-pecah menjadi tiga rachis dengan tangkai daun yang tegak keluar dari umbinya yang berada di dalam tanah. Pada saat muncul daun seperti ini Amorphophallus paeoniifolius dikatakan berada pada fase Aseksual (vegetatif). Sedangkan bunganya berupa bunga majemuk (Inflorescence) yang tersusun di bagian Spadix (bagian yang tegak menjulang) dengan bunga jantan terletak di atas bunga betina dan dilindungi oleh "kelopak" yang disebut Spatha. Struktur generatif inilah yang ketika mekar akan mengeluarkan aroma berbau bangkai guna menarik kumbang dan lalat penyerbuk. Bunga akan terbentuk apabila simpanan energi berupa tepung di umbi sudah mencukupi untuk pembungaan. Setelah masa mekarnya lewat, yakni sekitar 7 hari, bunga akan layu dan mengulangi siklus hidupnya dengan tumbuh tanaman baru di atas umbi bunga yang sudah mati.

Amorphophallus paeoniifolius  yang belum mekar sempurna

Amorphophallus paeoniifolius merupakan bunga bangkai yang dapat dibudidayakan dan umbinya telah digunakan sebagai makanan pokok sebagian besar penduduk Jawa, terutama sampai tahun 1960 ketika produksi beras atau jagung kekurangan. Umbi dapat dikonsumsi setelah dikupas, diiris, dicuci, dan dikukus untuk menghilangkan rasa gatal. Selain bisa dikonsumsi langsung, umbi juga bisa dijadikan tepung untuk bahan pembuatan kue. Daun Amorphophallus paeoniifolius  dapat digunakan sebagai tambahan pakan ikan di Jawa Barat dengan memotong-motong daunnya lalu ditebar ke dalam kolam ikan satu atau dua minggu sekali. Sedangkan daun muda yang masih tertutup oleh selubung daun dapat dimasak sebagai sayuran dengan cara mengupas lapisan kulit petiol lalu ditumis.


Zantedeschia aethiopica


Sumber :
Cahyaningsi Ria dan Hartutiningsih, 2013, UPAYA MEMPEROLEH BIBIT SUWEG {Amorphophallus paeoniifolius (Dennst.)Nicolson} MELALUI STEK UMBI DAN STEK RACHIS YANG DIMANIPULASI DENGAN ZAT PENGATUR TUMBUH, Bogor : Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor-LIPI

https://repository.ipb.ac.id/jspui/bitstream/123456789/58845/4/BAB%20II%20Tinjauan%20Pustaka.pdf
Dokumentasi :
BIOTERS


1 komentar:

  1. Anonim5/05/2019

    Salam lestari! Semoga kedepannya blog ini semakin berkembang. Semangat ��

    BalasHapus

Lestari ,
Diharapkan Kepada Para pengunjung Untuk dapat berkomentar demi kemajuan Blog Ini, silahkan tinggalkan nama anda serta url, dan mohon untuk tidak anonim.
Terima Kasih ...

About me

BIOTA SUMUT

About