Hiduplah seperti pohon yang tumbuh subur~

Kamis, Januari 29, 2015

Deklarasi FKPL dan Aksi Bersih di Kampung Nelayan Indah

Biota Unimed bersama dengan Komunitas Pecinta Alam lainnya baru saja bergabung dalam Forum Komunikasi Peduli Lingkungan (FKPL) Sumatera Utara. FKPL adalah sebuah Forum yang baru saja berdiri pada tanggal 27 Desember 2014 dan baru dideklarasikan pada Minggu 25 Januari 2015, dan sebagai aksi nyata dari forum ini diadakan kegiatan “Konservasi dan Edukasi” di Desa Nelayan Indah, Kecamatan Medan Labuhan,  Belawan,  Medan.
Materi dibawakan oleh kak Melva Harahap mengenai Bank Sampah yang berisikan tentang pemahaman bank sampah, sampah seperti apa yang bisa diantar ke bank sampah, dan bagaimana mekanismenya, serta apa untungnya bank sampah.


Kak Melva Harahap S.Apt menyampaikan materi Bank Sampah

Dalam kegiatan sharing ini juga dibagikan tips-tips mengolah sampah menjadi barang berguna. Bagaimana cara mengolah sampah organik menjadi kompos,  pendistribusian kompos dan sampah anorganik (plastik) dapat disulap menjadi produk baru yang memiliki harga jual. Meskipun kegiatan ini selesai cukup larut malam, yakni sekitar pukul 23.00 WIB, warga cukup antusias dalam mengikutinya.
Keesokan harinya, Minggu 27 Januari 2015, Biota Unimed bersama Komunitas Pecinta Alam lainnya di bawah naungan FKPL melakukan kegiatan “Penanaman dan Aksi Bersih Kanal.” 100 Bibit yang ditanam adalah bibit mahoni (Swietenia macrophyla) dan disebarkan di benteng di Desa Nelayan Indah, sedangkan Aksi Bersih ini dilakukan di Kanal sekitar rumah warga.

Penanaman bibit Mahoni (Swietenia macrophyla) di Benteng


Kegiatan Aksi Bersih disekitar Pendopo
Aksi Bersih disekitar Kanal

Untuk kedepannya masyarakat Desa Nelayan Indah ini akan menjadi binaan FKPL dalam pengolahan sampah tentunya bersama dengan BIOTA J dan diharapkan akan menjadi kerjasama yang berkelanjutan.


1 komentar:

  1. Bangga melihat hasil kinerja adik" bioters secara nyata mengaplikasikan segala ilmu yg didapat dan semakin mengenal kan BIOTA secara luas kepada masyarakat umum.
    Semoga insan" di BIOTA, bisa "Hidup seperti Pohon yg Tumbuh Subur", terus berbagi dan bermanfaat bagi semua (h)


    LESTARI !!!

    BalasHapus

Lestari ,
Diharapkan Kepada Para pengunjung Untuk dapat berkomentar demi kemajuan Blog Ini, silahkan tinggalkan nama anda serta url, dan mohon untuk tidak anonim.
Terima Kasih ...

About me

BIOTA SUMUT

About