Hiduplah seperti pohon yang tumbuh subur~

Jumat, November 13, 2015

MACAM Rhododendrom di SIBAYAK



RHODODENDRON DI PUNCAK SIBAYAK
Genus Rhododendron masuk dalam famali Ericaceae. Lebih dari 2.000 jenis Ericaceae yang tersebar di seluruh dunia, dengan habitus semak hingga pohon kecil. Banyak jenis dari famili ini yang tumbuh di pegunungan wilayah tropis. Ciri dari Ericaceae adalah memiliki daun yang melingkar di batang, bunga sempurna dan majemuk kebayakan terminal (di ujung batang).
Rhododendron adalah tumbuhan yang sangat mudah kita temukan saat berada di puncak gunung. Dengan bunga yang berwarna sangat mencolok serta perawakan yang sangat kokoh, tumbuhan ini mampu menjadi pusat perhatian para pendaki gunung dan tak segan untuk memetiknya. Dari jejak inventarisasi tumbuhan berbunga di sibayak yang dilakukan oleh Divisi LITBANG BIOTA UNIMED, ada enam jenis Rhododendron yang dikoleksi.
1.       Rhododendron album Bl.
Tumbuhan ini memiliki bunga berwarna kuning, semula warna bunga secara keliru dideskripsikan sebagai putih (album). Perdu kecil 1-2 m, daun kaku dengan permukaan bawah berwarna coklat panjang 5-12 cm, mahkota berwarna kuning dengan 10 benang sari.


 







2.       Rhodendron javanicum (Bl.) Benn.
Jenis ini sangat mudah kita temukan, karna tersebar di sepanjang perjalanan menuju puncak sibayak. Perdu bercabang ini memiliki tinggi hinga 2,5 m. memiliki daun yang tersebar di sepanjang buku-buku batang panjang 4-15 cm. bunga berwarna jingga hinga merah dan memiliki kuncup bunga berwarna kuning. Daun, batang, tangkai bunga memiliki bulu, buah mirip seperti polong dan jika sudah tua akan merekah dengan katup buah melengkung hingga ke belakang.

 



3.       Rhododendron loerzingii J.J.S.
Sangat sulit untuk membedakan antara jenis ini dengan Rhododendron javanicum (Bl.) Benn. Karena memiliki warna bunga yang sama dengan ukuran yang hampir sama pula, namun ukuran bunga jenis ini lebih kecil dan warnanya merah cerah. Perdu teresterial, bercabang banyak, tinggi hingga 2,5 m. Daun memiliki panjang 6-9 cm, bunga berwarna merah dengan benang sari 10.



 


4.       Rhododendron malayanum Jack.
Rhododendron jenis ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis lainnya. Perdu, kadang kita jumpai epifit pada tumbuhan lainnya. Tinggi mencapai 2 m, daun memiliki panjang 5-10 cm dengan permukaan bawah yang berwarna coklat. Bunga berwarna merah mirabela dengan tepi mahkota yang memudar, benang sari 10.



 




5.       Rhododendron retusum (Bl.) Benn.
Jenis ini juga memiliki perawakan kecil, perdu dengan susunan daun yang sangat rapat. Ujung daun yang membulat membedakannya dengan jenis-jenis lain, selain itu bunga yang kecil berwarna merah. Tinggi tumbuhan ini hanya 0,5 m.


 

6.       Rhododendron sp
Hingga kini kami belum bisa menemukan nama dari Rhododendron ini. Perdu dengan tinggi mencapai 2 m, tumbuh di jurang-jurang jalur pendakian gunung sibayak. Daun obovate dengan warna hijau yang tertutup bulu-bulu halus putih. Bunga tidak mekar sempurna dengan warna merah cerah, benang sari 5 berbeda dengan jenis lainnya.

 

1 komentar:

Lestari ,
Diharapkan Kepada Para pengunjung Untuk dapat berkomentar demi kemajuan Blog Ini, silahkan tinggalkan nama anda serta url, dan mohon untuk tidak anonim.
Terima Kasih ...

About me

BIOTA SUMUT

About